Home Nasional Eggi Sudjana Tidak Bisa Dipidana Karena Beliau Adalah Advokat

Eggi Sudjana Tidak Bisa Dipidana Karena Beliau Adalah Advokat

25
0
SHARE
Iklan by Don

Pakar hukum pidana Chairul Huda mendengarkan pertanyaan hakim saat sidang lanjutan kasus Hambalang di Pengadilan Tipikor

Lantaran itu, lanjut Chairul, penyidik kepolisian seharusnya tidak bisa meningkatkan status laporan yang dilayangkan terhadap Eggi ke tingkat penyidikan. Sebab, kasus itu tidak memiliki peristiwa pidana.

“Prosesnya tidak bisa dinaikkan ke penyidikan, itu karena tidak ada peristiwa pidananya,” ujarnya.

Sebelumnya, Eggi, yang juga merupakan Penasihat Presidium Alumni 212, juga menyebut dirinya tak sama dengan Ahok meski sama-sama dilaporkan dengan pasal penodaan agama. Dia mengaku, tak ada niat sama sekali untuk menodai agama apapun terkait ucapannya di Mahkamah Konstitusi beberapa waktu lalu.

“Beda, saya tidak ada niat menista agama, saya justru membela, saya tidak mau ada perpecahan di Indonesia,” kata Eggi di Bareskrim Polri, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta, Selasa (10/01).

DPN Peradah Indonesia sebelumnya melaporkan Eggi ke Bareskrim Polri dengan Pasal 45 A ayat (2) dan Pasal 28 ayat (2) UU No. 19 tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Belakangan, DPN Peradah akan mengubah laporannya terhadap Eggi menjadi soal penodaan agama dengan menggunakan Pasal 156 a UU KUHP tentang penodaan agama.

Eggi juga dilaporkan oleh Aliansi Advokat Nasionalis ke Polda Metro Jaya, Jumat (6/10), karena dianggap menyebarkan kebencian dan menista agama Kristiani.

Dua laporan itu terkait dengan video wawancara Eggi seusai menjalani Sidang Uji Materi tentang Perppu Ormas, di Gedung MK, 2 Oktober 2017. Menurutnya, ajaran selain Islam bertentangan dengan sila pertama Pancasila.

Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here