Home Nasional Polisi Akan Periksa Kaesang, Pelapor Heran Laporannya Cepat Ditindak. Kaesang Malah Banjir...

Polisi Akan Periksa Kaesang, Pelapor Heran Laporannya Cepat Ditindak. Kaesang Malah Banjir Dukungan

5
0
SHARE
Iklan by Don

http://wow.tribunnews.com/2017/07/05/dilaporkan-ke-polisi-instagram-kaesang-dibanjiri-dukungan-dari-warganet?page=2

Kali ini Kaesang yang hanya mengungkapkan pendapat dan kritik dilaporkan ke polisi, padahal mengungkapkan pendapat dijamin undang-undang. Namun meski begitu Polisi tetap akan meminta keterangan dari Kaesang. Sekali lagi ini adalah bukti bahwa Polisi bersikap profesional, lalu yang di Arab sana masih beralasan bahwa dia dikriminalisasi?

Polisi pastikan putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep, dilaporkan ke Polres Metro Bekasi Kota karena diduga menyebarkan ujaran kebencian melalui video pendek yang beredar secara viral.

“Ya, namanya Kaesang,” ujar Juru Bicara Polda Metro Jaya Komisaris Besar Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Semanggi, Jakarta Selatan, Rabu (5/7/2017).

Kaesang dilaporkan dengan nomor polisi: LP/1049/K/VI/2017/Restro Bekasi Kota. Pelapor atas nama Tapanuli Muhammad Hidayat.

Ia melaporkan Kaesang karena mengunggah video dengan ucapan,”Mengadu-adu domba dan mengkafir-kafirkan, tidak mau mengingatkan, padahal sesama muslim karena perbedaan dalam memilih pemimpin. Apaan coba? Dasar ndeso”.

Berdasarkan laporan itu, kata Argo, penyidik akan memintai keterangan Kaesang.

Polisi tetap akan memproses laporan tersebut, meski Kaesang merupakan putra bungsu orang nomor satu di Indonesia, “Pasti (dipanggil),” ucapnya.

Kepala Polres Metro Bekasi Kota Komisaris Besar Hero Bachtiar membenarkan adanya laporan itu.

Polisi masih mendalami laporan tersebut, melalui tim siber dan berkoordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

“Masih dalam proses penyelidikan. Kita akan berkoordinasi dengan tim siber, dan Kemenkominfo. Masih banyak yang akan dilakukan,” ujar Hero.

Polisi bergerak cepat, jelas lah karena Kaesang adalah putra Presiden. Tentu mereka harus bergerak cepat untuk menangani laporan ini. Anehnya meski Polisi telah bergerak dengan meminta keterangan dari Kaesang, pelapor malah heran dengan proses yang cepat ini.

Pelapor akun Youtube Kaesang, Muhammad Hidayat mengaku heran dengan proses tindaklanjut yang dilakukan oleh pihak kepolisian. Pasalnya, laporan itu baru dilakukan pada Minggu (2/7/2017) lalu dan pada hari ini sudah dilakukan pemanggilan.

“Saya sudah banyak melaporkan dugaan kesalahan yang dilakukan di media sosial dan lainnya, tetapi kenapa laporan yang kali ini bisa cepat diproses?” kata dia saat ditemui di rumahnya, Bekasi, Rabu (5/7/2017)

Masih kata Muhammad, dirinya, bukan kali ini saja melaporkan beberapa pihak yang dinilai telah melakukan ujaran kebencian dan fitnah di media sosial. Sebelumnya, Humas Polresta Bekasi, Kompol Erna Ruswing Andari mengatakan pihaknya sudah melakukan pemanggilan pemeriksaan lanjutan oleh pelapor akun Youtube Kaesang.

“Iya, sudah kami sampaikan surat panggilan kepada yang bersangkutan,” kata dia di Kantor Polresta Bekasi, Rabu (5/7/2017)

Lanjut Erna, hal itu dilakukan untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pelaporan dugaan penodaan agama dan ujaran kebencian dari akun tersebut.

“Iya, untuk tindaklajuti pelaporan yang bersangkutan,” jelas dia.

Meski Kaesang dilaporkan untuk kasus yang saya rasa terlalu mengada-ngada, akun media sosial Kaesang banjir dukungan.

Ya Allah, kasus tidak masuk akal apalagi” tulis akun @lina.shabrina.

“Semangat @kaesangp. Kasus Kaesang ini ngetes penegak hukum Indonesia masih adil nggak sih? Fix kalo Kaesang diputuskan bersalah, ada permainan di belakang, rakyat biasa aja tay mana yang ngumbar kebencian mana yang enggak. Masa yang berilmu jabatan tinggi bedain aja nggak bisa?” tulis akun @belljoyfah.

“Masalah pelaporan itu aku pikir hoax, ternyata beneran ya. Ujaran kebencian di mana coba? Bener-bener out of the box” tulis akun @_vincetia_.

“Mas, mas yang dilaporin kok saya malah ketawa ya baca beritanya? Ketawain dulu aja mas sama yang punya kasus tapi kabur selayaknya seorang pecundang, tapi ini malah buat laporan untuk Mas Kaesang hahaha” tulis akun @pratiwtiw31.

Selama ini Kaesang memang kerap membuat vlog, soal ucapan dasar ndeso itu memang pernah diungkapkan kaesang dalam videonya yang berjudul #BapakMintaProyek. Video itu diunggah Kaesang pada 27 Mei 2017 dan telah dilihat 1.442.057 kali.

Dalam video berdurasi 2,40 menit itu, Kaesang mengkritik praktik nepotisme dan intoleransi. Video diawali dengan adegan Kaesang merayu bapaknya untuk memberi proyek melalui telepon.(sumber). Itu maksud dari seluruh vlog Kaesang tadi, mengkritik nepotisme dan intoleransi. Masa hal seperti itu disebut ujaran kebencian, bukan kah wajar kita mengkritik hal negatif seperti nepotisme dan intoleransi?

Begitulah kelelawar

sumber:

http://wow.tribunnews.com/2017/07/05/dilaporkan-ke-polisi-instagram-kaesang-dibanjiri-dukungan-dari-warganet?page=2

http://www.tribunnews.com/nasional/2017/07/05/pelapor-kaesang-heran-kok-laporannya-cepat-diproses-oleh-polisi

http://wow.tribunnews.com/2017/07/05/kaesang-malah-tersangkut-kasus-yang-dia-kritisi-dalam-videonya

http://www.tribunnews.com/metropolitan/2017/07/05/polisi-akan-periksa-putra-presiden-jokowi

https://news.detik.com/berita/d-3548854/melihat-lagi-vlog-kaesang-pangarep-yang-sindir-dasar-ndeso?utm_medium=oa&utm_campaign=detikcomsocmed&utm_source=twitter&utm_content=detikcom

Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here