Home Nasional Nyi Roro Kidul…4 Film Horor Ini Terinspirasi Kisah Nyata?

Nyi Roro Kidul…4 Film Horor Ini Terinspirasi Kisah Nyata?

19
0
SHARE
Iklan by Don

Beberapa dekade lalu, film horor Ratu Pantai Selatan menghiasi dunia layar lebar Indonesia. Ternyata, kisah itu diangkat dari legenda Nyi Roro Kidul yang terkenal di kalangan masyarakat Pantai Selatan Jawa.

Putri kesayangan Nyi Roro Kidul dikisahkan ingin hidup di darat dengan cara menjelma menjadi ikan mas yang ditemukan oleh pria sederhana bernama Kosim. Sementara itu, wanita juragan kapal bernama Darsi amat gigih menginginkan Kosim sebagai suami.

Karena penggunaan ilmu hitam oleh Darsi, Nyi Roro Kidul pun harus ikut campur demi menyelamatkan putrinya.

Demikian juga dengan tokoh Siti Ariah dalam film Si Manis Jembatan Ancol. Menurut legenda, Siti Ariah berubah menjadi hantu bernama Mariam setelah ia diperkosa dan dibunuh dengan cara dilempar ke pinggir laut Ancol.

Versi yang dikutip dari Majalah Intisari, ‘Ketoprak Betawi’ menyebut, pada tahun 1950-an, koran seperti Keng Po beberapa kali memuat berita kecelakaan lalu lintas di Jembatan Ancol yang beberapa kali merenggut korban jiwa. 

Biasanya, kecelakaan terjadi saat senja atau malam. Pemicunya adalah kemunculan seorang perempuan ayu yang berdiri di tepi jembatan atau tengah jalan yang kala itu masih sepi. 

Kadang-kadang, ia terlihat menyeberang jalan. Mobil yang dikemudikan para pengemudi yang lengah dan tak waspada tiba-tiba keluar dari badan jalan, menabrak pohon, atau terbalik.

Masyarakat meyakini, perempuan itu adalah hantu jadi-jadian Aria atau Arie, putri Mak Emper yang tiba-tiba lenyap tanpa meninggalkan jejak di kawasan Ancol pada tahun 1870-1871. Saat itu, usianya baru belasan tahun. 

Aria diduga jadi korban kejahatan seksual.

Let’s block ads! (Why?)

Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here