Home Nasional Menguak Kisah 5 Pemimpin Tersadis Sepanjang Sejarah

Menguak Kisah 5 Pemimpin Tersadis Sepanjang Sejarah

17
0
SHARE
Iklan by Don

Genghis Khan adalah seorang militer penakluk terhebat yang pernah disaksikan dunia. Dari sekelompok kecil orang di negara terpencil Mongolia, ia mengalahkan pasukan-pasukan yang lebih maju dari China, India, Rusia, dan Eropa Timur.

Ketika meninggal pada 1227, ia mewarisi kekaisaran utuh terluas dalam catatan sejarah. Tapi keruntuhan segera kekaisaran itu membuktikan bahwa kehebatan Mongol amat bergantung kepada kepemimpinan Genghis semata.

Ia memang seorang ahli taktik yang jitu dan menjadi seorang yang menebarkan pengaruh Mongol ke dalam budaya-budaya Mughal India, Kekaisaran Timurid dan Dinasti Yuan di China, tapi ia dipandang sebagai penjagal paling haus darah dalam sejarah.

Menurut sejarah, pendudukan Genghis diduga telah menewaskan sebanyak 40 juta orang. China saja kehilangan puluhan juta orang akibat kekejian pasukan yang dipimpinnya.

Pada 1258, suatu pasukan Mongol bekerja sama dengan sekutu-sekutu dari China mengepung Baghdad. Pasukan itu bukan hanya membunuh 50 ribu pasukan Kalifah Abbas, tapi juga 2 juta warga sipil — walaupun sumber-sumber di Barat menyebut jumlah korban sipil pada angka 800 ribu.

Selain memusnahkan peradaban dan pendudukan, Genghis Khan juga dikenal sebagai penyebar wabah bubonic plague sampai ke seluruh Asia dan Eropa sehingga menewaskan 75 hingga 200 juta orang lagi.

Bubonic plague yang dikenal sebagai pes atau sampar adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri bernama Yersinia pestis. Dikenal juga dengan istilah wabah hitam (black death). Bakteri ini dapat menyebabkan kematian jika tidak segera ditangani.

Let’s block ads! (Why?)

Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here