Home Nasional Kisah Ganjar Pranowo Bikin Kagum Orang Belanda dan Australia Gara-gara pakai Batik...

Kisah Ganjar Pranowo Bikin Kagum Orang Belanda dan Australia Gara-gara pakai Batik Motif Ini

13
0
SHARE
Iklan by Don

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Nur Huda

TRIBUNJATENG.COM, BANYUMAS – Jika berbicara tentang batik, Jawa Tengah memiliki potensi luar biasa.

Aneka motif batik dengan beragam kualitas bahan dapat dengan mudah dijumpai di Jateng. Karena tiap daerah memiliki kekhasan tersendiri, baik dari aspek motif hingga filosofinya.

Hal itu disampaikan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat menjadi inspektur Upacara Hari Batik Nasional Tingkat Kabupaten Banyumas, di Alun-Alun Purwokerto, Senin (2/10/2017)..

“Kalau kita bicara potensi batik Jawa Tengah itu istilahnya nggilani. Banyak corak, kuantitas, kualitas dan gradasinya. Dari yang sangat sederhana sampaipaling rumit, dari harga murah sampai sangat mahal, dengan medium katun hingga sutera atau mix keduanya. Kalau bicara batik, saya kira sumbernya ya Jawa Tengah ini,” tegasnya.

Orang nomor satu di Jateng itu mengungkapkan, saat ini hampir setiap kabupaten bahkan desa semakin melek dengan potensi daerahnya. Potensi itu kemudian dituangkan ke dalam motif-motif batik yang unik, yang akhirnya menjadi batik khas daerah tersebut.

“Ini direspon oleh daerah untuk memunculkan kekhasan masing-masing,” ujarnya.

Namun untuk potensi ekspor batik Jateng ke mancanegara, perlu menjunjung orientasi konsumen. Karena masyarakat dunia tidak seluruhnya meminati batik.

Sebelum ekspor, perajin batik perlu tahu minat target market mereka. Kemudian mereka bisa membuat desain batik sesuai keinginan konsumen.

“Kalau ekspor kita mesti customer oriented. Karena tidak semua orang di sana suka batik. Kita mesti tanya batik yang paling mereka suka itu apa,” jelasnya.

Let’s block ads! (Why?)

Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here