Home Nasional Kisah Anak-Anak yang Tak Ingin Dewasa dan Dongeng Peter Pan

Kisah Anak-Anak yang Tak Ingin Dewasa dan Dongeng Peter Pan

14
0
SHARE
Iklan by Don

PETER Pan, merupakan nama seorang tokoh anak yang tak mau beranjak dewasa dalam sebuah dongeng legenda. Bahkan dalam dongeng itu Peter Pan tidak menunjukkan tanda-tanda menjadi tua setelah lebih dari satu abad. Dongeng tentang Peter Pan ini telah dikisahkan nyaris di seluruh dunia baik itu melalui drama panggung, televisi maupun film.

J.M Barrie seorang, penulis asal Skotlandia adalah orang yang menulis kisah Peter Pan. Ia pertama kali mengenalkan Peter Pan dalam novelnya yang berjudul “The Little White Bird” pada 1902. Peter Pan diketahui muncul dalam bab yang berjudul ‘Peter Pan di Kensington Gardens’. Tak lama kemudian, cerita itu berlanjut di atas panggung, dan setelah sukses, Pada 1911, Barrie menulis novel Peter dan Wendy secara penuh.

Meskipun banyak sekali orang yang mengenal dan menyukai kisah Peter Pan, tidak banyak yang tahu asal muasal tokoh ini bisa tercipta. Barrie ternyata menciptakan sosok Peter Pan setelah terinspirasi dari lima anak-anak laki-laki yaitu si sulung George, John (Jack), Peter, Michael, dan si bungsu Nicholas (Nico) Llewelyn Davies.

 

Sir James Barrie. (Foto: The Vintage News)

Kelima anak tersebut meruapakan putra dari pasangan Arthur dan Sylvia Llewelyn Davies yang merupakan kerabat Barrie. Anak pasangan itu kemudian menjadi inspirasi Barrie dalam menuliskan kisah petualangan Peter Pan. Sylvia Llewelyn Davies sendiri merupakan putri seorang kartunis George du Maurier.

Barrie diketahui pertama kali berkenalan dengan kelima anak itu pada 1897. Saat itu George baru berusia lima tahun dan Jack berusia empat tahun. Kemudian saudara laki-laki mereka yang bernama Peter merupakan bayi yang baru saja lahir saat itu. Para anak-anak tersebut sangat menarik perhatian Barrie. Ia pun semakin hari semakin dekat dengan keluarga Llewelyn Davies.

Sementara itu, anak-anak juga mencintai Barrie atau yang lebih mereka kenal sebagai Paman Jim. Paman kesayangan mereka itu diketahui sangat pandai dalam mendongeng atau bercerita yang pada akhirnya akan mempengaruhi penciptaan karakter Peter Pan. Barrie saat itu menciptakan Peter Pan untuk menghibur si sulung yaitu George.

Let’s block ads! (Why?)

Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here